Panduan Beli Perhiasan Emas

Bila Anda mau membeli emas, Anda perlu perhatikan terlebih dahulu tujuan Anda dalam membeli emas tersebut. Untuk investasi atau untuk digunakan sebagai perhiasan yang dipakai dalam pesta atau kehidupan sehari-hari.

Jenis-jenis Perhiasan Emas

Emas Perhiasan untuk investasi

Bila tujuan Anda membeli emas untuk dipakai dan sekalian investasi, maka pilihlah perhiasan emas yang polosan atau tanpa menggunakan permata.Mengapa? Karena bila ada permata dan permata tersebut itu rusah, tergores atau cuil, maka harga nya akan lebih turun lagi. Sedangkan bila polosan, asal Anda memiliki surat beli atau kwitansi beli emas sebelumnya, hampir semua toko emas mau membelinya kembali. Atau lebih mudah bila Anda kembali menjualnya ditoko emas tempat Anda membelinya.

Tapi Bila tujuan Anda murni investasi, maka bukan emas dalam bentuk perhiasan yang Anda beli, tapi berupa emas batangan. Karena emas batangannya dalam menjualnya tidak terkena biaya banyak dibandingkan dengan menjual emas perhiasan.

Kenapa emas harus ada surat atau nota pembelian yang lama bila mau dijual kembali?

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua toko penjual emas ahli dalam menentukan kadar emas. Biasanya hanya pemilik toko dan pegawai kepercayaannya yang bisa dan sebatas pengamatan bahwa ini emas asli atau tidak. Dan untuk mengetahui kadar emas dengan benar, maka akan memakan waktu dan juga teknologi.

Jadi akan sangat membantu pembeli dan penjual kalau menjual emas dengan ada surat karena di sana tertera kadar emasnya. Dan lebih baik, bila mungkin, jualah emas ditempat Anda membeli terlebih dahulu, agar proses penjualan lebih mudah.

Hal yang perlu diperhatikan sewaktu membeli perhiasan Emas

  • Belilah Emas Perhiasan yang bersih sekali. Maksudnya emas terkadang suka ada warna hijau pada pori-pori tertentu. Mungkin orang Toko sering bilang bahwa hal tersebut adalah hal biasa, tapi sebenarnya tidak. Emas yang ada warna hijaunya menandakan bahwa emas tersebut belum dicuci dengan benar, masih ada sisa obat yang bisa menyebabkan alergi pada kulit pemakainya, yang bisa menyebabkan gatal-gatal kalau berinteraksi dengan kulit.
  • Bila perhiasan emas yang dibeli ada permatanya, harap perhatikan permatanya jangan sampai cuil atau tergores. Karena waktu menjual nya kembali akan banyak mempengaruhi harga jual.
  • Bila Emas perhiasan yang dibeli berupa kalung emas atau gelang emas, maka pilihlah kalung atau gelang emas yang menggunakan kunci buatan mesin atau yang seperti hurup ā€˜Sā€™, atau kunci tersebut disebut juga dengan toggle. Sedang kunci yang buatan tangan manusia biasanya bentuknya pencet-pencetan terkadang menjadi lemah kalau emas perhiasan sudah lama dan sudah berumur. Hal ini tentunya tidak bagus.
This entry was posted in Emas Perhiasan, Perhiasan Emas and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Panduan Beli Perhiasan Emas

  1. thank’s infonya,artikelnya bagus sesuai dengan yang saya butuhkan saat ini,,,

  2. didik pamungkas says:

    terima kasih pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>